Kamis, 14 April 2016

Pemasaran Online E-Commerce

                                                                   E-Commerce

1. PengertianE-Commerce
    Sejak tahun 1997 pemerintah amerika telah mendeklarasikan terjadinya sebuah revolusi industri baru yang akan berdampak pada stabilitas ekonomi global, yaitu sejalan dengan fenomena maraknya bisnis secara elektronik/digital dengan menggunakan internet sebagai medium bertransaksi. Metode bertransaksi kemudian lebih dikenal sebagai istilah " E-Commerce ".
    Commercenet, sebuah konsorsium industri memberikan definisi yang lebih lengkap, yaitu penggunaan jejaring komputer sebagai sarana penciptaan relasi bisnis.
Karakteristik E-commerce :
1. terjadinya transaksi antara dua belah pihak
2. adanya pertukaran barang ,jasa, atau informasi, dan
3. internet merupakan medium utama dalam proses atau mekanisme perdagangan online


  • 4 relasi dalam dunia bisnis sebuah perusahaan ( fingar, 2000 )

  1. relasi dengan pemasok ( supplier )
  2. relasi dengan penyalur ( distributor )
  3. relasi dengan rekanan ( partner )
  4. relasi dengan konsumen ( customer )

2. Strategi Pemasaran Dalam E-Commerce
    Strategi pemasaran dalam e-commerce tidak ubahnya terjadi dalam pemasaran konvensional yaitu pengambilan keputusan - keputusan tentang pemasaran, bauran pemasaran , alokasi pemasaran dalam hubungan dengan keadaan lingkungan yang diharapkan dan kondisi persaingan.
    Dalam strategi pemasaran , ada 4 faktor utama yang menyebabkan terjadinya perubahan strategi dalam pemasaran dalam e-commerce yaitu:
1. daur hidup produk
2. posisi persaingan perusahaan di pasar yang memanfaatkan e-commerce
3. situasi ekonomi
4. penggunaan media online
    Strategi pemasaran berdasarkan kebutuhan dapat di bagi ke dalam 4 jenis yaitu:
1. merangsang kebutuhan primer dengan menambahjumlah pemakai
2. merangsang kebutuha primer dengan memperbesar tingkat pembelian
3. merangsang kebutuhan selektif dengan mempertahankan pelanggan yang ada
4. merangsang kebutuhan selektif dengan menjaring pelanggan baru

  •     Strategi pemasaran berdasarkan media yang di gunakan :

1. search engine
2. optimalisasi google maps
3. kampanye pay per click ( ppc )
4. promosi di media sosial
5. penggunaan blog
6. penggunaan video marketing
7. surat kabar digital

3. Menggunakan Afiliasi Pemasaran Untuk Mempromosikan Website E-Commerce
    Afiliasi pemasaran adalah usaha peroleh pendapatan antara pengiklanan online dengan pedagang dalam penjualan online.afiliasi pemasaran telah menjadi kontributor untuk dapat bangkit dari sebagian besar perusahaan online, termasuk Amazon.com, Tokopedia.com, Lazada.co.id, dan lain-lain.Amazon.com merupakan salah satu dari pengadopsi afiliasi pemasaran, dan sekarang telah banyak afiliasi yang berhubungan .

4. Membuat Website  E-commerce dengan Aplikasi Opensource
    Berbagai aplikasi e-commerce dan terus mempengaruhi kecenderungan dan prospek bisnis melalui internet, termasuk e-marketing, e-advertising, e-banking, e-tailing, dan publishing online atau ritel online.
Sebuah lingkungan e-banking lebih berkembang dan matang memainkan peran penting dalan e-commerce dengan menggeser dari cara pembayaran tradisional yaitu, uang tunai, cek atau betuk sah paper-based menjadi alternatif pembayaran secara elktronik, sehingga menutup kemungkinan pengulangan pembayaran dalam e-commerce.

  •   Manfaat e-commerce secara umum :

  1. perluasan jangkauan geografis, perluasan basis pelanggan.
  2. meningkatkan visibilitas memalui search engine marketing (SEM)
  3. memberikan informasi berharga tentang bisnis anda kepada pelanggan.
 Konfiburasi sistem dan tool yang digunakan,adalah enkripsi public-key/private-key, sertifikat, secure protocol, enkripsi dan tool security, penggunaan firewall, dan keamanan pemrosesan kartu kredit. Sehingga para pelanggan produk-produk yang anda tawarkan merasa memiliki pilihan produk dan keamanan data mereka dapat dipertanggugjawabkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar