Kamis, 21 April 2016

Pemasaran Online pada website mobile

PEMASARAN PADA WEBSITE MOBILE


1. PENGERTIAN DASAR PEMASARAN MELALUI PERANGKAT MOBILE

Mobile Marketing adalah pemasaran yang memungkinkan organisasi atau pebisnis untuk berkomunikasi dan terlibat dengan konsumen mereka secara interaktif dan relevan melalui perangkat mobile atau jaringan nirkabel.

Sejarah Mobile Marketing
Munculnya pemasaran mobile / mobile marketing dimulai pada awal tahun 2000-an saat Short Message Service ( SMS ) menjadi semakin populer . di eropa dan di asia , bisnis pengumpulan nomor untuk mengirimkan promosi dari produk dan layanan mereka. akhirnya SMS menjadi alat promosi yang sah dibagian lain dunia.
Sebagai teknologi yang di kembangkan, saluran baru untuk pemasaran mobile mulai muncul, diantaranya:
a. Multimedia Message Service
b. Game Mobile Marketing
c.  Mobile Web Marketing
d. Pemasaran via Bluetooth dan Infrared
e. Mobile Marketing melalui kode Quick Response

2. KARAKTERISTIK PERANGKAT MOBILE VS SISTEM DESKTOP

    Perangkat mobile memiliki banyak jenis dalam hal ukuran , desain dan layout, tetapi mereka memiliki kesamaan karakteristik yang sangat berbeda dari sistem desktop.
a. Ukuran yang kecil
b. memori yang terbatas
c. daya proses yang terbatas tidaklah setangguh rekan mereka yaitu desktop
d. mengkonsumsi daya yang rendah 
e. kuat dan dapat di andal kan
f. konektivitas yang terbatas 
g. masa hidup yang pendek 

3. MEMBUAT WEBSITE MENGGUNAKAN TEMPLATE PADA PERANGKAT MOBILE

    Mobile web adalah aplikasi akses internet atau akses internet menggunakan peralatan yang bersifat mobile berbasiskan browser yang bertujuan untuk mengakses layanan data secara wireless dengan menggunakan perangkat mobile seperti handphone, PDA dan perangkat portable yang tersambung ke sebuah jaringan telekomunikasi selular.
Perkembangan Mobile web tidak lepas dari masalah usability dan interoperability. permsalah interoperability dipengaruhi dari fragmentasi platform perangkat moblie, sistem operasi mobile dan mobile browser. Permasalah Usability berpusat disekitar ukuran fisik perangkat keras yang kecil dari faktor bentuk ponsel (layar resolusi terbatas dan input pengguna/keterbatasan operasional).
Yang perlu di ingat bahwa mobile website haruslah dirancang user friendly dan memberikan kepuasan intstan diantaranya :
a. cepat diakses
b. sederhanakan navigasi
c. buat website mobile anda "thumb friendly"
d. buat website moblie anda mudah dibaca
e. website mobile anda harus kompetible
f. buat "local friendly"
g. buat website anda mudah untuk mengkonfersi
Wordpress merupakan salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat website atau blog.
Salah satu plugin yang cukup sering digunakan dalam membuat blog versi mobile adalah wordpress mobile pack.
Mobile Theme berfungsi untuk mengatur tampilan wordpress anda. Mobile Widget berisi pilihan widget apa saja yang ingin ditampilkan diblog mobile anda. Mobile Swithcer adalah bagian konfigurasi dari cara membuat worpress menggunakan mobile pack in.

4. STRATEGI PEMASARAN PADA PERANGKAT MOBILE

     1. SMS
         Meskipun kini layanan chat menjamur, tapi sms masih bertahan. Lembaga riset                    informasi menunjukan prkiraan data jumlah pesan yang dikirim lewat aplikasi chat                mencapai 50 miliyar  pesan perhari dan 21 miliyar pesan perhari melalui sms.
     2. Aplikasi Mobile
         Aplikasi Mobile memberikan kemudahan dibanding mobile browser.
     3. Mobile Usage in store
         Data econsultancy.com menunjukan bahwa 60% pelanggan yang sedang berbelaja              digerai, diwaktu yang sama mengakses internet melalui perangkat mobilenya mencari          informasi dan membandingkan harga dan barang dalam rangka mencari penawaran            terbaik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar